Budi Pekerti

Hari Ketiga Menulis Artikel Online. Dapat Di baca juga di Facebook @damaliavina@yahoo.com. Fenomena sifat & karakater manusia dari jaman old hingga jaman now sudah bermacam2 ragamnya berdasarkan pembentukannya melalui pola hubungan dari kedekatannya dengan ayah/ibu, kakek/nenek, paman/bibi, saudara kandung/saudara sepupu/saudara tiri/saudara angkat, tetangga, teman lama/teman baru/sahabat lama/sahabat baru, pacar, suami/istri, anak kandung/anak tiri/anak angkat. Dari semua sifat & karakater yang ada di dalam diri manusia maka yang terpenting adalah pembentukan budi budi pekertinya. Sebelumnya akan saya bahas terlebih dahulu mengenai apakah itu budi pekerti? Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang di maksud dengan budi adalah:
1. Alat batin yang merupakan paduan akal & perasaan untuk menimbang baik & buruk.
2. Tabiat, akhlak, watak (Orang yang baik).
3.Perbuatan baik, kebaikan.
4. Daya upaya, ikhtiar (Untuk mengalahkan lawan).
5.Akal (Dalam arti kecerdikan menipu/tipu daya): bahasa tingkah laku & tutur kata/tingkah laku & kesopanan, bicara akal budi, pekerti tingkah laku perangai/akhlak.
Berdasarkan keterangan mengenai budi pekerti manusia tersebut di atas, maka terdapat kebaikan di dalam komponennya untuk perasaan baik/buruk, bahasa/tingkah laku, akal budi, perangai/akhlak. Jika saja semua komponen tersebut dapat di praktekkan oleh manusia di dalam kehidupannya sehari2 dengan cara yang baik & benar (Tidak dengan cara yang buruk) maka tidak akan pernah ada kesalahpahaman/perselisihan di antara manusia mengenai sifat & karakternya masing2. Apakah anda setuju dengan saya? 

Comments

calliasaddoris said…
Caesars Palace - Las Vegas, NV - Mapyro
Hotel Information, Location, and Amenities 순천 출장마사지 at 인천광역 출장마사지 Caesars 하남 출장마사지 Palace - Las Vegas, NV. 255 Fremont 경상북도 출장안마 Street, Las Vegas, NV, 89109. 경주 출장샵